12 Mei 2009

ALPUKAT CEGAH JANIN CACAT

Kita tentu berharap buah hati yang akan lahir ke dunia dalam keadaan sehat jasmani dan rohani bukan? Namun tak sedikit janin lahir dalam keadan cacat baik fisik maupun mental, tentu saja untuk mencegah kecacatan janin ibu harus banyak memperhatikan asupan makanan yang mengandung zat gizi dan menghindari makanan atau obat obat yang dapat menyebabkan kecacatan janin. Salah satu zat yang berperan dalam pencegahan kecacatan janin adalah asam folat.
Menurut Prof. dr. Joseph Hersh dari Fakultas Kedokteran Universitas Louisville, Kentucky, AS, trimester I merupakan masa pembentukan sistem saraf pusat janin, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Bayi yang kekurangan asam folat bisa menderita gangguan jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih, serta cacat anggota tubuh lainnya. Kebutuhan asam folat selain dari suplemen juga bisa didapat dari buah alpukat, satu buah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, ibu menyusui 500 mikrogram, serta perempuan dewasa 400 mikrogram. Selain asam folat dan lemak, alpukat mengandung serat yang mampu membantu mencegah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan kadar kalium (bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah) pada alpukat 2-3 kali lebih banyak daripada pisang.
Selain alpukat sumber makanan yang kaya akan asam folat adalah sayuran berwarna hijau, buah-buahan berwarna jingga dan merah. Sumber asam folat pada bahan makanan lain adalah susu, pisang, jeruk, brokoli, taoge, dan kacang-kacangan (termasuk tahu, tempe). Nah, kalau kita sering makan karedok, terancam, rujak buah, dan masih banyak lagi, tentunya kebutuhan akan asam folat akan terpenuhi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar